Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerpen di SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

Authors

  • Listia Mardhotillah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ilzamul Hikam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Model Discovery Learning, Unsur Pembangun Cerpen

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur pembangun  cerpen pada siswa kelas XI di SMA SAQA setelah menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus memiliki tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun cerpen pada siswa kelas XI di SMA SAQA. Penelitian ini memberi kontribusi kepada guru Bahasa Indonesia agar menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen.

References

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Bambang Supriyanto.2014. berjudul “penerapan Discovery learning untuk meningkatkan

hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran Matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember” : pencaran pendidikan. Vol 02. No. 3 . Hal: 165-174

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.

Amrullah, Z., & Islam, M. H. (2022). Diskursus Pelaku Dosa Besar Dalam Hadiht. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 8(2), 282-312.

Irma, Cintia Nichen., Kristin, Firosalia dan Anugraheni, Indri. (2018). Penerapan model pembelajaran Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa : perspektif ilmu pendidikan. Vol. 1. No. 32. Hal : 67-75

Downloads

Published

2022-08-28