Peran Lagu Dalam Grammar
Keywords:
Grammar, Music, Tense, Bahasa Inggris, SMAAbstract
Belajar Bahasa Inggris diawali dengan dasarnya yaitu Grammar, sekolah memerlukan penambahan untuk belajar Bahasa Inggris lebih Inten untuk focus pada Grammar. Karena dengan memahami Grammar, siswa bisa dengan mudah belajar materi lain pada pelajaran Bahasa Inggris. Terdapat banyak cara untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, belajar lewat lagu dapat digunakan dalam proses terseut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Grammar dengan menerapkan model English with Music. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Populasinya adalah siswa SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jailan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model English with Music dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap grammar. Dampak dan impak dari penelitian ini adalah siswa bisa belajar kapan saja dan paham akan Grammar. Guru dan Siswa senang dengan semakin pahamnya murid akan Grammar yang memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 1989. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone. Australia: ACER Press
Collerson, J. 1995. English Grammar: A Functional Approach. Newtown: Primary English Teaching Association
Francis, N. W. 1967. The English Language. London: The English Universities Press Limited
Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.
Ranuntu, Garryn C. Golda J Tulung. 2018. “Peran Lagu Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar” dalam Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum Volume 4. Manado: Universitas Sam Ratulangi
Wall Street English. 2019. Belajar Bahasa Inggris melalui Music. https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/belajar-bahasa-inggris-melalui-music/