Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Media Komik Berbahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI di SMK Mambaul Ulum

Authors

  • Laili Masruroh Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Hemas Haryas H.S. Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

membaca pemahaman,media,komik

Abstract

Mengingat pentingnya peranan membaca bagi perkembangan ilmu pengetahuan, maka perlu ada upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Memanfaatkan keberadaan komik berbahasa inggris sebagai media yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi siswa melalui sifatnya yang membuat pembacanya merasa senang. Ketertarikan siswa pada gambar bercerita memberikan penekanan yang berarti tentang perlunya penggunaan media komik bagi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemammpuan membaca pemahaman bahasa inggris siswa kelas XI di SMK MAMBAUL ULUM melalui media komik berbahasa inggris. Penelitian inin merupakan penelitian tindakan kelas yang mencangkup kegiatan perancanaan (planning), tindalkan (action), observasi (observation) , refleksi (reflection) atau evaluasi. Penelitian dilaksanakn di SMK MAMBAUL ULUM tahuan pelajaeran 2021-2022 semester ganjil yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan pembelajaran menggunakan media komik berbahasa inggris, nilai rata-rata membaca siswa pemahaman siswa 57% dengan katagori sedang. Setelah dilakukan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan komik berbahasa inggris siklus pertama nilai rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 69% masih dalam katagori sedang, dan dilakukan pembelajaran pada siklus kedua kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dan presentase sebesar 81% dengan katagori sangat tinggi.

References

Arikanto, S. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

McCloud, S. (2001). Understanding comics. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Islam, M. H. (2015). THORNDIKE THEORY AND IT’S APPLICATION IN LEARNING. Attalim, 1(1), 37-47.

McCloud, S. (2008). Reinventing comics. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Yunus, Abidin. (2002). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung : PT. Refika Aditama.

Rubin, D. (2011). A practical approach to teach reading. Boston: Allyn dan Bacon

Downloads

Published

2022-08-28