Pengaruh Keterampilan Dasar Dan Kesiapan Mengajar Terhadap Hasil Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di SMAI Arrofi’iyah
Keywords:
minat belajar siswa, hasil belajar siswaAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dengan penelitian ini yaitu siswa kelas IX G Tahfidz SMP Plus Al Mashduqiah yang berjumlah 39 siswa. Sampel penelitian di tentukan menggunakan sampel populatif, artinya semua populasi yang berjumlah 39 siswa dijadikan sampel. Variabel penelitian yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar siswa dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS korelasional product moment. Hasil dari uji validitas angket minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 22 butir soal yang dinyatakan valid dari 25 butir soal yang diujicobakan. Kemudian mendapatkan hasil uji reliabilitas yaitu 0,921, hasil tersebut lebih dari 0,355 yang berarti bahwa kuesioner tersebut reliabel. Hasil output SPSS menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,938. Karena nilainya mendekati 1 maka hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dapat dikatakan kuat. Hasil output menunjukan nilai koefisien bertambah positif (0,938) artinya apabila minat belajar rendah maka hasil belajar siswa rendah begitupun sebaliknya. Nilai signifikansi sebesar 0,00, yang berarti nilai signifikansi kurang dari tingkat alpha (0,00<0,05) maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima yang artinya ada hubungan berarti antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat.
References
Asril, Zainal. 2011. Micro teaching. Jakarta : PT Raja Grafindo persada.
Febryanti, BetTy .2014 "Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPLK terhadap Hasil PPLK Mahasisrva Pendididkan E,konorni FE, UNP". Skripsi tielak cliterhitkan. Padang: UNP.
Hamalik, oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.-. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mandat Maju
Putri, Syofia Melisa. 2013. "Persepsi guru Pamong Tentang Kompetensi Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Dalam Pelaksanaan PPLK Pada SMK di SUMBAR".Skripsi tidak direrbitkan. Padang: UNP
Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2004. Konsep Dan Makna pembelajaran. Bandung : cv Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. Nana (2010). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta Unit Program Lapangan UNP.2010. Pedoman Pelaksanaan Program Lapangan Kependidikan. UNP Press
Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani. 1992. Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta: Departemen pendidikan dan Kebudayaan.