Metode Grammar Translation Untuk Mengembangkan Penerapan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa MA Fatahillah

Authors

  • Tutik Dewi Roaida Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Babul Bahrudin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris siswa di sekolah menengah Atas atau Madrasah Aliyah. Materi tata bahasa dalam penelitian ini berfokus pada simple present tense dan simple past tense. Data penelitian diambil dari nilai tes awal dan tes akhir  kelas X yang jumlahnya 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan bahasa Inggris siswa yakni dengan cara hafalan kosa kata dan grammar yang rutin dilakukan setiap kali pertemuan mata pelajaran bahasa inggris. Pengimplementasian Grammar Translation Method (GTM) disertai dengan penggunaan strategi pengelompokan siswa, media pembelajaran bahasa Inggris, dan gaya mengajar yang berinovasi dan soal-soal yang sesuai dengan materi pelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa, metode ini bisa menjadi salah satu rekomendasi metode bagi pengajar untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa. Terlepas dari kekurangan GTM, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa lebih menanggapi dan memahami penyampaian materi tata bahasa Inggris di kelas.

References

Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone. Victoria: ACER Press.

Patel, M. F dan Jain, M. Praveen. 2008. English Language Teaching (Methods, Tools, & Techniques). Jaipur: Sunrise Pubisher & Distributors

Leech, Goeffry. 1982. English Grammar for Today. London: The Macmillan Press

Richards, Jack C dan Rodgers Theodore S. 1993. Approaches and Methods in Language Teaching: A Description and Analysis. United States of America: Cambridge University Press Soepomo. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Elmayantie, Catharina. 2015. “The Use of Grammar Translation Method in Teaching English”. Journal on English as a Foreign Language 5(2): 125-131. Diakses pada 7 April 2018 (http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/article/view)

Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.

Larsen-Freeman, Diane. 2000. Techniques And Principles in Language Teaching, Second Edition. New York: Oxford University Press.

Ambarwati, Noviani Kurnia, Rita Wiryasaputra, dan Shinta Puspasari. 2016. “Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android”. Ultimatics 8(2): 83-91.

Downloads

Published

2022-08-28