Interkoneksi Teori Matematika Terhadap Sudut Pandang Tafsir Al-Qur’an

Authors

  • Masruro Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Zainuddin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Interkoneksi, Al-Qur’an, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep matematika dalam tafsir Al-Qur’an. Al-Qur,an merupakan pedoman bagi umat islam untuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Banyak petunjuk di dalam Al-Qur,an salah satunya interkoneksi (berhubungan) dengan Matematika (perhitungan). Penelitian  ini menggunakan metode studi literatur yaitu dengan cara mengumpulkan data sdari sumber-sumber kemudian diverifikasikan dengan Al-Qur,an. Terdapat beberapa konsep Matematika yang tertulis dalam Al-Qur,an; konsep bilangan, himpunan, geometri, dan perbandingan disertai dengan penemu-penemu Islam yang berpengaruh dalam Matematika.

References

Abdussakir. 2014. Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Huda M, Mutia. 2017. Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. Volume 2, no 2. Hal 182-199.

Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.

Nursupiamin. 2014. Struktur Matematika Dalam Al-Qur’an (Telaah Buku Karya Abdussakir). Al-khwarizmi. Volume 2. Hal 69-84.

Soimah. W, Fitriana E. 2020. Konsep Matematika ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains. Volume 2. Hal 131-135

Downloads

Published

2022-08-28