Metode Dalam Model Pembelajaran Teks Anekdot Kelas X MA Fatahillah

Authors

  • Nafisah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Babul Bahrudin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

metode, model pembelajaran, teks anekdot.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran untuk kegiatan nyata dan praktis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran serta dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkembang. Pembelajaran merupakan upaya kegiatan peserta didik agar lebih efektif dan efisien. Pada penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mengkaji metode dalam model pembelajaran teks anekdot. Langkah yang dapat dilakukan dalam penelitian ini diantaranya mengumpulkan data pustaka membaca mencatat dan membandingkan literatur dan menghasilkan kesimpulan. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia teks anekdot, peserta didik diharapkan aktif dalam proses pembelajaran, mampu mengembangkan pengetahuan mereka sendiri dengan bantuan buku, internet, dan di akhir pembelajaran siswa Ma Fatahillah diharapkan mampu memproduksi teks anekdot yang sudah dipelajari hingga langkah melakukan metode dalam model pembelajaran Teks Anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan penilaian yang tepat.

References

Hendarto, Priyo. 1990. Filsafat Humor. Jakarta: Karya Megah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Islam, M. H. (2021). Hidden Curriculum Sekolah dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), 87-99.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Syaefudin, Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Laki, Ridwan. 2018. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Erakurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (online), Vol. 1, No. 1, (http://unisa- palu.e-journal.id/gurutua/article/download/7/ 4, diakses pada 8 Maret 2020).

Marliana, Lia dan Suhertuti. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Ciputat: Referensi (GP Presss Group).

Downloads

Published

2022-08-28