Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Materi Trigonometri Pada Siswa SMP Zainul Hasan Genggong
Keywords:
Analisis Kesulitan,TrigonometriAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar matematika dalam materi trigonometri pada siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG.Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrument test uraian berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan perhitungan tingkat penguasaan dan persentase jenis kesulitan siswa.Subjek dari penelitian ini adalah 9 siswa dimana dikelompokksn menjadi 3 kelompok setiap kelompok terdiri dari 3 0rang yaitu tinggi,sedang dan rendah kelas IX SMP ZAINUL HASAN GENGGONG. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG pada saat menyelesaikan soal trigonometri di sekolah tersebut adalah 1) Kesulitan dalam menggunakan konsep yaitu 80,95 %, 2) Kesulitan kesulitan dalam memahami prinsip yaitu 42,86%, 3) kesulitan dalam memecahkan masalah dalam perhitungan 38,10%. Penyebab dari kesulitan yang dialami siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG adalah 1) Siswa tidak terbiasa dalam memahami masalah yaitu tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam menyelesaikan soal ,2) Siswa tidak terbiasa menuliskan hasil akhir dari soal yang telah dikerjakan walaupun hasil yang ditemukannya itu benar,4) Kurangnya pemahaman siswa dan pemahaman konsep terhadap materi tersebut.Sehingga perlu pembelajaran lebih mengutamakan konsep dan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.
References
Alawiyah, H., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Mteri Invertebrata di Kelas X MAN 2 Pontianak. Jurnal Biologi Education, 3(2), 9–20.
Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal identitas trigonometri pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matenatika, volume 1 n(5), 48–62.
Farida, N. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. Aksioma, 4(2). https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2017.09.006
Adhim, B., Amin, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Limit Trigonometri. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 8 No. 2 Tahun 2019.
Andriani, T., Suastika, K., Sesanti, N. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Saol Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016.2017. Pi:Mathematics Education Journal. Vol. 1 No. 1, Oktober 2017, 34 39.
Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan Rubono. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika(JPMM), 1(5), 48–62.