Penerapan Refleksi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Mambaul Ulum

Authors

  • Fatinatus Selvia
  • Hemas Haryas H.S. Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Discovery Learning, aktif, refleksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mendeskripsikan hasil refleksi pembelajaran matematika siswa kelas X di SMK Mambaul Ulum Paiton. Hal in dilakukan untuk mengetahui lebih detail gambaran pembelajaran matematika yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan karena dari hasil observasi dan diskusi dengan guru matematika, pembelajaran matematika di SMK Mambaul Ulum Paiton dipandang sebelah mata oleh  oleh siswa , karena progress ke depan hanyalah bekerja, sehingga eksistensi belajar tidak diperhatikan dan keaktifan siswa perlu diperlukan. Dengan demikian, perlu adanya desain pembelajaran yang lebih menarik dan memberikan perlakuan lebih kepada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas X jurusan Teknik Mekanik Industri (TMI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran discovery learning dan berbantuan media video berbasis power point mampu menimbulkan keaktifan, semangat belajar dalam diri siswa, dan mengasah kemampuan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dari siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran matematika dengan baik, menyelesaikan soal dengan tuntas, dan mampu mengasah kemampuan konsep matematikanya. Hal ini dapat terjadi karena siswa diikutsertakan (aktif) dalam pembelajaran. Keaktifan siswa meningkat menjadi 80% karena dilibatkan dalam pembelajaran.

References

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Maulida, A., Ningsih, M.F., & Bastian, T. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 47-52

Medianty, S.U., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2018). Penerapan Model Discovery Learning dengan menggunakan Media Video Kelas XI IPA 1 SMAN Kota Bengkulu. Alotrop, 2(1), 58-65

Nella Kresma, E. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1(1), 152-164.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran Kooperatif dlam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-13.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267-275

Stefani, D.P., Veronika, I.N., & Haniek, S.P. Analisis Hasil Refleksi Dalam Penerapan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Pada Pelajaran Matematika SMA. Universitas Sanata Dharma. 2016

Sumaji, Wahyudi. Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak. Jurnal Pendidikan Matematika. 2018

Downloads

Published

2022-08-28