Pengaruh Implementasi Salat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa

Authors

  • Wahyu Hidayatillah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Raudhatul Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah, Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembiasaan sholat dhuha berjamaah setiap pagi sebelum memulai pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiasaan sholat dhuha berjamaah terhadap kedisiplinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan di SMAS Tunas Luhur dengan pupulasi seluruh sampel sejumlah 254 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat dan didapatkan bahwa data berdistribusi normal dan linear/siginifikan. Dari hasil uji regresi menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang sedang antara pembiasaan salat dhuha berjamaah dengan kedisiplinan siswa meskipun kontribusi yang diberikan masih dalam kategori rendah. Konstribusi tersebut ialah sebesar 22,3% terhadap kedisiplinan siswa dan untuk 77,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

References

Amirulloh, Ahmad Karim. 2018. “Pengaruh Shalat Dhuha Berjama’ah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MTS Tahdzibun-Nufus Jakarta Barat.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Firmansyah, M, Masrun, and Dewa Ketut Yudha S. 2021. “Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif.” Ekonomi Pembangunan 3, no. 2: 156-159.

Idrus, Muh, and al Luqman Hakim. 2019. “Pendidikan Karakter : Perspektif Islam Dan Thomas Lickona.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam VII, no. 1: 77–102.

Madu, Ronista Alvinia. 2021. "Pengaruh Implementasi Program Sholat Dhuha Berjamaah Terhadap Sikap Disiplin Siswa di SD Islam Terpadu Daarussalam kabupaten Tulungagung". Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Marisca, Poppy Ayu, and Siti Samhati. 2016. “Kemampuan Menulis Tanggapan Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 1 WAY JEPARA.” Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–8.

Mz, Ihsan. 2018. “Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 2, no. 1: 1–11. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915.

Rajab. 2019. “Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah Sd Al Hira Permata Nadiah Medan).” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 3, no. 2: 73. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5851.

Islam, M. H. (2021). Nature of Multicultural Education Curriculum. Jurnal Kariman, 9(1), 49-68.

Saputra, Pradipta Angga, and Adi Nugroho. 2017. “Perancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga.” JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi 15, no. 1: 63–71. https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i1.a636.

Sari, Oktavia. 2018. “Hubungan Intensitas mengikuti Sholat Dhuha Berjama’ah dengan Kedisiplinan Mentaati Tata Tertib Sekolah pada Kelas IX Mts Nur Salatiga”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Wirantasa, Umar. 2017. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7, no. 1: 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272.

Downloads

Published

2022-08-28