Penerapan model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Insan Terpadu Tentang Bentuk Inteaksi Sosial

Authors

  • Ghoniyun Inayaturrohman Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Hemas Haryas H.S Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

problem based learning (PBL), pembelajaran IPS

Abstract

Dalam kehidupan kita sehari-hari sangat membutuhkan interaksi sosial. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep “ bentuk interaksi sosial” dalam materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial sebagai upaya penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP Insan Terpadu. Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP. Maksud dari pembelajaran IPS dalam penelitian ini yaitu IPS dipandang dari segi produk dan pemupukan sikap. IPS sebagai produk artinya dalam pembelajaran menggunakan model PBL ini, siswa dapat memahami materi  bentuk interaksi sosial dalam pembelajaran IPS dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang relavan dalam bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, saling mengharga satu sama lain siswa maupun guru. Sedangkan model PBL dalam penelitian ini yaitu pendekatan yang menggunakan masalah yang sering dijumpai sebagai suatu konteks bagi siswa untuk terlibat langsung dalam pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan yang ensensial pada mata pelajaran IPS.

References

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74-84.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.

Amrullah, Z., & Islam, M. H. (2022). Diskursus Pelaku Dosa Besar Dalam Hadiht. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 8(2), 282-312.

Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.

Rusmono.(2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indone

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 11 november 2021 dari http://bsnp-indonesia.org/id/wpcontent/uploads/isi/permen222006.pdf

Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-08-28