Penggunaan Media Power Point Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Ainaiyah Mariyatus Zakiyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Beny Hamdani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Minat belajar, media pembelajaran, dan power point

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini digolongkan kepada jenis penelitian kualitatif karena dalam penelitian ini berusaha menelaah fenomena sosial dalam suasana yang berlangsung secara wajar dan alamiah. Penelitian ini dilaksanakan pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan mengambil sampel di kelas X B SMK Darul Lughah Wal Karomah. Dalam penggalian data teknik yang digunakan oleh peneliti adalah dengan cara mengobservasi proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Setelahnya, dapat dianalisis adanya dampak yang positif yakni meningkatnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran  bahasa Indonesia ketika menggunakan media power point, dibandingkan dengan penerapan sistem pembelajaran menggunakan metode ceramah.

References

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darussaadah Pandeglang. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. 10 (2): 10.

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.

Sakinah, Sitti. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Power Point dalam Mengembangkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMKN 7 Pangkep. Skripsi, Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika Universitas Muhammadiyah.

Suryana, M. S. (2010). Metodelogi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : UPI.

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-08-28