Penerapan Teknik Perkalian Jarimatika Sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumber Secang Gading
Keywords:
Jarimatika; Minat belajar matematika siswa; Hasil belajar matematika siswa; kemampuan menghitung perkalian.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode berhitung Jarimatika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Secang Gading. Metode pengungumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Peserta didik terlihat aktif dan senang saat penerapan metode jarimatika. Hasi tes menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki keterampilan berhitung perkalian yang baik. Selain itu, ada tiga kriteria keefektifan metode pembelajaran yang harus dipenuhi. Pertama, ketuntasan belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah melebihi kriteria ketuntasan minimal. Kedua, ada peningkatan dan perbedaan antara pemahaman awal dan setelah pembelajaran. Ketiga, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang kesulitan menghitung perkalian
References
Khusnul Himmah, ddk. (2021). Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru : Jurnal Pendidikan MI/SD.
Tri Rahma Silviani, ddk. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano:Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.
Chatarina Febriyanti dan Seruni. (2014). PERAN MINAT DAN INTERAKSI SISWA DENGAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Formatif.
Asih, N.M. (2009). Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran.
Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.
Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya). Kencana Perdana Media Group.
Dewi, V.F.,Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika terhadap kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar.
Mariyati, Y, & Sari, N. (2017). Efektifitas Penggunaan jarimatika dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Kelas III SDN 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Muhli, A. (2012), Efektivitas Pembelajaran. Wordpress.
Sumirat, I., & Trimurtini, W. (2016). Pengaruh praktik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar