Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Terhadap Siswa Kelas X SMK Darul Lughah Wal Karomah

Authors

  • Ika Astutik Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Beny Hamdani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Model Problem Based Learning, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dapat   meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa. Subjek Penelitian ini adalah  siswa kelas 1B SMK Darul Lughah Wal Karomah pada mata pelajaran Matematika Kompetensi Dasar menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linier dua variabel dalam masalah konstektual semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Peneliti an ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat dan dapat dilihat dari skor rata-rata siswa, pada siklus I rata- rata minat belajar siswa sebesar 51,5 dengan kategori rendah dan menjadi kategori sedang pada siklus II dengan skor rata-rata 66,75 serta hasil belajar siswa juga meningkat dapat dilihat dari nilai rata- rata siswa, pada siklus I hasil belajar siswa rata- rata  41,8 menjadi 58,7 pada siklus ke II.

References

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta. Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perada.

Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipt

Downloads

Published

2022-08-28