Meningkatkan Kemampuan Pronounciation Bahasa Inggris Siswa Kelas Xi SMK Darul Lughah Wal Karomah Menggunakan Teknik Membaca

Authors

  • Nur Diyanah Holidah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Beny Hamdani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

pronounciation, Bahasa

Abstract

Banyak orang berpikir belajar bahasa adalah hal yang mudah karena mereka menganggap kita sudah menggunakan bahasa setiap hari. Belajar bahasa bukan hanya sekedar mampu berkomunikasi dengan bahasa tersebut, melainkan juga mengetahui dan memahami akan makna yang terkandung di dalam kata atau ungkapan yang diucapkan. Dalam mempelajari bahasa khususnya bahasa Inggris, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam hal pronounciation atau pelafalan. Kesulitan dalam pelafalan biasanya disebabkan oleh sulit mengucapkan kata yang diucapkannya dengan benar, kurangnya keberanian untuk berbicara karena takut salah. Untuk mempermudah kemampuan pelafalan bahasa Inggris (pronunciation), ada beberapa cara yang cukup efektif untuk dicoba, diantaranya: membaca tulisan bahasa Inggris, percakapan bahasa Inggris, mendengarkan lagu  bahasa Inggris,  menonton film berbahasa Inggris, menyukaimata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa kelas XI SMK DARUL LUGHAH WAL KAROMAH. Upaya yang dilakukan adalah penerapan teknik membaca   dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik membaca dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pengucapan dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya ketepatan pelafalan mahasiswa dalam semua aspek bunyi dalam bahasa Inggris, penekanan suku kata dalam kosakata, dan intonasi yaitu rising intonation dan falling intonation dalam kalimat.

References

Bjorklund, David F. 2005. Children’s Thinking: Cognitive Development and Individual Differences. Australia: Wadsworth.

Elsjelyn,Evelyn R. 2014. English Made Easy: Kunci Sukses Belajar Bahasa Inggris. Jakarta: Kesaint Blanc.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching Fourth Edition.UK: Longman Pearson Education.

Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.

Kumara, Amitya. 2014. Kesulitan Berbahasa Pada Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Wright, A. 1989. Picture for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press. Wright, Andrew. 1997. Creating Story with Children. Oxford University Press. https://www.teachingenglish.org.uk/article/role-playyaccessed on August 23, 2018 at 08:23 pm. http:/untungkasirin.wordpress.com/

Downloads

Published

2022-08-28