Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Hasiil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Anisa Yulia Putri Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Darwin Djeni Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Bimbingan Belajar, Pengawasan Orang Tua

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap belajar Matematika siswa di SDIT Jamiatul Ulum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa SDIT Jamiatul Ulum yang terdiri dari 5 informan siswa dan 5 orang tua siswa. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keinginan siswa untuk belajar lebih giat lagi karena adanya bimbingan belajar orang tua sehingga dapat mempengaruhi belajar siswa dengan giat belajar dan ada sebagian siswa yang kurang termotivasi untuk belajar karena faktor dari siswa sendiri dan orang tua.

References

Alif, S. M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid 19. Serang: 3M Media Karya Serang.

Emda, Amna. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Hamzah. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Gunawan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15-26

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Gunawan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(2), 201-212.

Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.

Sagala, syaiful. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Saripah, I. (2016). Peran Orang Tua dan Keteladanan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Studia Didaktika, 10(02), 19-32.

Sriyono, heru. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV

Sumantri, syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Downloads

Published

2022-08-28