Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Keywords:
ABK, orang tua, pembelajaran daring, Covid-19Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tujuan menggali perspektif para orang tua terhadap metode pembelajaran daring (dalam jaringan) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) selama masa pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei pertanyaan terbuka melalui google form. Subyek pada penelitian ini adalah 10 orang tua dari ABK yang berada di Kraksaan, Probolinggo. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa orang tua sebagai pendamping anak yang utama selama pembelajaran daring merasa bahwa pembelajaran daring tidak hanya memberikan dampak negatif, namun juga memberikan dampak positif bagi para orang tua dan juga anak mereka. Namun, terdapat beberapa orang tua menyimpulkan bahwa pembelajaran daring tidak cocok untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
References
Ahsani, E.L.F. (2020). Strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik anak dalam pembelajaran at the home masa pandemi COVID-19. Jurnal AL_Athfal, 3(1), 37-46
Aji, S. R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Chomadi, H. & Salamah. (2018) Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta : PT Grasindo
Di Genarro, G., Pizzol, D., Marotta, C., Antunes, M., Racalbuto, V., Veronese, N., Smith, L. (2020). Coronavirus Diseases (Covid-19) Current Status and Future Perspectives: A Narrative Review. International Journal of Environmental Research and Public Health 17, (8), 1-11. https://doi.org/10.3390/ijerph17082690
Duraku, Z. H. & Nagavci, M. (2020). The Impact of the COVID-19 pandemic on the education of children with disabilites. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17807.41125
Handayani, D. et al. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirasi Indonesia, 40(2), 119-129. https://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article /view/101/110
Hidayat, D. & Noeraida, N. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi COVID-19. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 172-182. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/jike/article/view/1017/757
Krishnan, I.A., De Mello, G., Kok, S.A., Sabapathy, S.K., Munian, S., Ching, H.S.,...Kanan, V.N. (2020). Challenges faces by hearing impairment students during COVID-19. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 5(8), 106-116. https://doi.org/1047405/mjssh.v5i8.472
Kusumah, R. & Cahyati, N. (2020). Peran orang tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzawadi, 4(1), 152-159. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203
Lutfiah, S. Z. (2020). Persepsi Orang tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi COVID-19. 2(2), 69-73. Dealektik, 2(2), 69-73. Retrieved from https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/554
Mastura, M. & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3,(2), 289-295. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/293/293
Mauludy, N., B. (2020). Dampak COVID-19 terhadap penerapan “Belajar Daring” pada siswa luar biasa di SD Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional 2020: Surabaya
Mendikbud RI. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Wisudaningsih, E. T., & Islam, M. H. (2021). Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19 dengan Pendekatan Drive Thru di TK Al-Quran Plus Darussalam Kabupaten ProbolinggoRAN PLUS DARUSSALAM KABUPATEN PROBOLINGGO. KHIDMAH, 1(2), 223-230.
Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.
Islam, M. H. (2021). Hidden Curriculum Sekolah dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), 87-99.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Putri. R.S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edu Psy Couns Journal : Journal of Educations, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Ro’fah, R. Hanjarwati, A. & Suprihatiningrum, J. ( 2020). Is Online Learning Accessible During COVID-19 Pandemic? Voices and Experiences of UIN Sunan Kalijaga Students With Disabilities. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1-36. Retrieved from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/5672/pdf
Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224. Retrieved from https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sistek-Chandler, C. M. (2019). Exploring online learning through synchronous and asynchronous Instructional Methods. Pennsylvania : IGI Global
Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W, D., Yulianti, M.,...Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67. Retrieved from http://jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id/index.php/jpdi/article/view/415/228
World Health Organization. 2021. Update on corona virus disease in indonesia. Retrieved from https://www.who.int/indonesia/news/noverl-coronavirus/