Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Penyelesaian Masalah Matematika Kelas X

Authors

  • Rohmatul Layliyyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Fery Ferdianto Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Artikel ini menyajikan bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan untuk mengembangkan penyelesaian masakah matematika di kelas X SMA Ar-Rofi’iyah. Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untu memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning digunakan untuk merangksang berfikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Adapun langkah-langkah dari model pembelajaran tersebut memiliki 5 tahapan yaitu 1) Tahap orientassi peserta didik pada masalah, 2) Tahap mengoganisai peserta didik dalam belajar, 3) Tahap memembimbing penyelidikan secara individu maupun kelompok, 4) Tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya. 5) Tahap menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Selanjutnya bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam Problem Based Learning dalam materi sistem persamaan linear tiga variabel akan dibahas dalam artikel ini. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdidti dari soal test untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa dalam materi. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi siswa saat memakai metode Problem Based Learning

References

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Penerjemah Helly Prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darussaadah Pandeglang. Jurnal Univesitas Pendidikan Indonesian, 10(2)

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.

Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.

Sulistiani, E., dan Masrukan. 2016. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612

Tamarli . 2017. Penggunaan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Kelas XI-2 SMA Negeri Sika Makmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1): 33-40

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wina, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-08-28