Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X MA Fatahillah

Authors

  • Moh Hafas Al-Ahdab Villa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

minat belajar siswa, Pembelajaran Matematika

Abstract

Seringnya siswa merasa kesulitan dan kurang berminat pada pelajaran matematika, maka perlu dilakukan uji minat belajar siswa tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui tingkat valid dan reliabelnya suatu kuesioner minat belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development. Kuesioner minat belajar siswa pada matematika dapat diberikan kepada siswa jika sudah diuji validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien Alpha Cronbach. Pengujian keduanya menggunakan SPSS. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 31 siswa kelas X MA Fatahillah. Sehingga kita dari hasil uji validitas didapatkan 22 soal valid dan 3 soal tidak valid, sehingga tidak digunakan. Kemudian mendapatkan hasil uji reliabilitas yaitu 0,921, hasil tersebut lebih dari 0,355 yang berarti bahwa kuesioner tersebut reliabel. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa kuesioner pada penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

References

I. Monicca C, Subkhan, dan R. Setiyani, “Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Palebon Semarang,” Economic Education Analysis Journal, vol. 4, no. 2, pp. 414–426, 2015.

S. H. Sholehah, D. E. Handayani, dan S. A. Prasetyo, “Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang,” Mimb. Ilmu, vol. 23, no. 3, pp. 237– 244, 2018.

A. W. Putri dan R. Nuraida, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Aritmatika Sosial Ditinjau Berdasarkan Gender,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 4, pp. 289– 298, 2020.

E. D. Sirait, “Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 1, pp. 35–43, 2016.

S. Nurhasanah dan A. Sobandi, “Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, p. 128, 2016.

H. S. Adib, “Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,” Sains Dan Teknoogi, pp. 139–157, 2015.

J. H. Hatmoko, “Survei Minat dan Motivasi Siswa Putri terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes di SMK SeKota Salatiga Tahun 2013,” E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, vol. 4, no. 4, pp. 1729–1736, 2015.

P. Purnomo dan M. S. Palupi, “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V,” J. Penelit. (Edisi Khusus PGSD), vol. 20, no. 2, pp. 151–157, 2016.

Z. Abidin dan S. Purbawanto, “Pemahaman Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang,” Edu Elektrika, vol. 4, no. 1, pp. 38–49, 2015.

D. Damayanti, “Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) bagi Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 7 Semarang,” Edu Komputika Journal, vol. 1, no. 2, pp. 52–62, 2014.

Islam, M. H. (2021). Nature of Multicultural Education Curriculum. Jurnal Kariman, 9(1), 49-68.

Wisudaningsih, E. T., & Islam, M. H. (2021). Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19 dengan Pendekatan Drive Thru di TK Al-Quran Plus Darussalam Kabupaten ProbolinggoRAN PLUS DARUSSALAM KABUPATEN PROBOLINGGO. KHIDMAH, 1(2), 223-230.

L. Y. Kurnianingtyas dan M. A. Nugroho, “Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 66–77, 2012.

Reflinda, “The Effect of Learning Strategy and Reading Interest to the Reading Understanding Ability of Students of Iain Bukit Tinggi,” Int. J. Lang. , Res. Educ. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 226–239, 2017.

Downloads

Published

2022-08-28