Kontribusi Matematika Dalam Kitab Fathul Qorib

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Muhammad Hifdil Islam

Keywords:

Matematika, Ilmu Turost, dan Kitab Fathul Qorib.

Abstract

Matematika merupakan ilmu tamanni (angan-angan yang tidak masuk akal) dan tarojji (angan-angan yang dapat dijangkau) oleh kehidupan maupun alam semesta itu sendiri, sehingga matematika sangat diperlukan oleh setiap manusia. Sedangkan Ilmu turost adalah kitab kuning yang mempelajari tentang kehidupan yang beraturan dengan islam dimana kitab fathul qorib itu termasuk ilmu turost yang sangat penting untuk di pelajari oleh setiap siswa maupun siswi dan juga santri karena sangat berkaitan dengan ilmu matematika, yang berhubungan dengan angka-angka maupun simbol-simbol matematika yang tidak diketahui. Dan sedangkan Kitab Fathul Qorib itu sendiri adalah ilmu kajian fikih yang dikarang oleh syekh Muhammad Ibnu Qosim Al ghozi pada abad ke 5 H. Kitab ini tentang bab Fikih dimana sangat cocok untuk kurikulum para pemula pelajar fiqih. Secara tidak langsung bab fikih ini memperkenalkan ilmu matematika kepada para pengarang kitab maupun pelajar kitab dimana tidak hanya bab zakat saja melainkan banyak bab yang menjadi sangketa bagi para ilmuan yang menhubungkan matematika dalam kitab fathul qorib.

References

Afif Zainul Hasan, 2020. Terjemah perkata dan terjemah ringkas fathul qorib. Jember

Anwar, M. T. (n.d.). UIN SUNAN AMPEL SURABAYA Disusun oleh. (2148-6196-1-PB, n.d.)

Fathul Qorib Terjemah. (n.d.).

Fodhil, M., Siti, E., Azizah, N., & Hasbullah, K. A. W. (2021). Improvement of Fiqh Lesson Through The Fathul Qorib Study. In SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education (Vol. 1, Issue 2).

IAIN Tulungagung, M., & Mayor Sujadi No, J. (n.d.). KONTRIBUSI MATEMATIKA DALAM KONTEKS FIKIH.

Islam, M. H. (2021). Nature of Multicultural Education Curriculum. Jurnal Kariman, 9(1), 49-68.

Wisudaningsih, E. T., & Islam, M. H. (2021). Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19 dengan Pendekatan Drive Thru di TK Al-Quran Plus Darussalam Kabupaten ProbolinggoRAN PLUS DARUSSALAM KABUPATEN PROBOLINGGO. KHIDMAH, 1(2), 223-230.

Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.

Islam, M. H. (2021). Hidden Curriculum Sekolah dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), 87-99.

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Islam, M. H. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1271-1281.

Amrullah, Z., & Islam, M. H. (2022). Diskursus Pelaku Dosa Besar Dalam Hadiht. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 8(2), 282-312.

Hasaniyah, S., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Islam Raudlatul Khair Jatiadi Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2097-2102.

Soimah, W., & Fitriana, E. (n.d.). Konsep Matematika ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Wildana Wargadinata, O. (n.d.). BELAJAR MEMAHAMI TURATS.

Wildani, K., & Fuad, D. A. J. (2018). IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DALAM PEMBELAJARAN BACA KITAB KUNING. Journal of Islamic Education Studies, III(1). http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/a lwijdan

Downloads

Published

2022-08-28