Membentuk Karakter dan Menigkatkan Kedisplinan Peserta Didik Melalui Apel Pagi

Authors

  • Sofiyatun Maimunah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Raudhatul Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas penataan karakter dan karakter siswa melalui latihan apel rutin setiap hari dan kelayakannya dalam mengenal orang-orang hebat dan orang-orang terhormat pada siswa di SMK Mandiri Kraksaan. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah pemeriksaan subyektif dengan teknik subyektif yang jelas. Informasi dalam review ini diperoleh melalui persepsi dan pertemuan. Subjek dalam review ini adalah siswa dan pengajar di SMK Mandiri Kraksaan. Dari hasil eksplorasi yang diarahkan, diketahui bahwa kegiatan apel pagi rutin setiap hari di SMK Mandiri Kraksaan dapat dimanfaatkan sebagai metode dan cara yang tepat untuk membentuk dan menanamkan kepribadian dan kebiasaan yang baik pada anak-anak seperti disiplin, kewajiban, kasih sayang, dan hal umum. terhadap siswa individu dan menghormati instruktur dan teman.

References

Apriani, A. N., & Wangid, M. N. 2015. “Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD”. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Cahyaningsih, Eka. 2016. Membangun Karakter Pada Anak Melalui Kegiatan Apel Pagi Di SD Kraton. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Islam, M. H. (2021). Hidden Curriculum Sekolah dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan. Journal Multicultural of Islamic Education, 5(1), 87-99.

Hartati, Siti. 2018. Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMP Negeri 5 Terbanggi-Besar Lampung Tengah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Idi, A., Safarina. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Izmah, Nur Azatil. 2015. Efektivitas Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Pola Pembiasaan Di SMP Negeri 2 Pattallassang Kec. Pattallassang Kab. Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Minsih, Diah, Honest. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Nilai-NilaiKeteladanan Guru, Siswa Dan Orang Tua Dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Amreta, Midya Yuli. 2018. “Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhada Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 Nomor 1, edisi Januari-Juni 2018. Bojonegoro: IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Muryaningsih, S., Mustadi, A. 2015. “Pengembangan RPP TematikIntegratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Di Kelas 1 SDN 2 Sokaraja Tengah”. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190 - 201. Yogyakarta: Universitas

Downloads

Published

2022-08-28