Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran matematika dan solusi alternatifnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Sunan Ampel Kertosuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua peserta didik dari kelas IX dan dua guru matematika di SMP Islam Sunan Ampel Kertisuko yang mengajar di kelas IX Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran matematika di SMP Islam Sunan Ampel Kertosuko yaitupenguasaan konsep matematika yang tidak baik dan motivasi belajar yang tidak baik. Solusi alternatif dari problematika tersebut adalah scaffolding, pendekatan personal kepada peserta didik, penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik motivasi peserta didik dalam belajar matematika, dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kata kunci: problematika, pembelajaran, matematika, solusi
References
Agustyaningrum, N. dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. JurnalPythagoras 5(1): 32-37 ISSN 2085-9996.
Asnawir & Usman B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Press.
Damaningsih, E. N. (2016). Dampak Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Peserta didik terhadap Hasil Belaja Matematika SMP Materi Himpunan. NaskahPublikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dumont, J. J. (1994). Leerstoornissen. Deel 1: Theorie en Model [learning Disabilities. Part 1: Theory and Model]. Rotterdam: Lemniscaat.
Denburg, N.L. & Tranel, D. (2003). Acalculia and disturbances of the body schema. In K.M. Heilman & E. Valenstein (Eds.),Clinical Neuropsychology (4th ed.). (pp. 161-184). New York: Oxford University Press.
Hamid, S. (2011). Metode Edutrainment. Jojakarta: Diva Press.
Hikmawati, dkk. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno-Pedagog.i Vol. 3 No. 2: 1-11, ISSN 2088-205X.
Hirtanto, dkk. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 3, No. 8 ISSN 2339-1685.
Kamphaus, R. W., dkk. (2000). Current Trends in Psychological Testing of Children. Professional Psychology: Research and Practice, 31, 155-164.
Khatimah, K., Cholis S., & Hery S. (2017). Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. JKPM: Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 36-45.
Mazzocco M. M., & Myers G. F. (2003). Complexities in Identifying and Defining Mathematics Learning Disability in the Primary School Age Years. Annals of Dyslexia, 53: 218-253
Misel, E. S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Didaktik , 10 (2), 27-36.
Mundla, L. (2012). The Assessment of Math Learning Difficulties in a Primary Grade-4 Child with High Support Needs: Mixed Methods Approach. International Electronic Journal of Elementary Education, 4(2), 347-366.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Fibonacci, 2 (2).
Islam, M. H., & Wisudaningsih, E. T. (2021). Penyuluhan Pengembangan Good Character Bagi Siswa SMK. Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo. KHIDMAH, 1(1), 81-93.
Podomi, P.A & Jailani. (2015). Pengaruh Pendekatan Analogi Personal terhadap Prestasi, Penalaran, dan Kemandirian Siswa Materi Dimensi Dua di SMK. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 61-70.
Sahudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discoveryuntuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2 (1).
Steenbrugge, V. H., dkk. (2011). Mathematics Learning Difficulties in Primary Education: Teachers’ Professional Knowledge and the Use of Commercially Available Learning Packages. Publication in Educational Studies.
Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Jabar, 8 (1).
Sumatini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP GaruT, 8 (3).
Toheri& Aziz, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Pembahasan Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Wasserman, N. H. (2010). Inside The Uteach Progam: Implications for Research in Mathematics Teacher Education. Journal of Mathematics Education at Teachers Collage, Spring Summer 2010 Volume 1.