https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/issue/feed SCIENTIFIC EDUCATION 2022-08-28T07:57:00+07:00 Open Journal Systems <p>Scientific Education is Proceeding Group belonging to the Educational Scientific of Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo. Scientific Education is Proceeding Group that contains scientific works related to educational Field. The existence of the this proceeding is certainly very important in exploring, enriching, and developing thoughts and theories and research on Educational scientific field. Thus, These Proceeding Group will make a positive contribution to enriching the treasures of thought in educational scientific.</p> https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/10 Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerpen di SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jailani 2022-08-07T09:07:34+07:00 Listia Mardhotillah tialistia2809@gmail.com Ilzamul Hikam ilzam.alhikam@gmail.com <p>Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur pembangun&nbsp; cerpen pada siswa kelas XI di SMA SAQA setelah menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus memiliki tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun cerpen pada siswa kelas XI di SMA SAQA. Penelitian ini memberi kontribusi kepada guru Bahasa Indonesia agar menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/26 Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Hasiil Belajar Matematika Siswa 2022-08-09T02:45:41+07:00 Anisa Yulia Putri yuliaputrianisa9@gmail.com Darwin Djeni DarwinDjeni@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap belajar Matematika siswa di SDIT Jamiatul Ulum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa SDIT Jamiatul Ulum yang terdiri dari 5 informan siswa dan 5 orang tua siswa. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan informan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keinginan siswa untuk belajar lebih giat lagi karena adanya bimbingan belajar orang tua sehingga dapat mempengaruhi belajar siswa dengan giat belajar dan ada sebagian siswa yang kurang termotivasi untuk belajar karena faktor dari siswa sendiri dan orang tua.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/17 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Materi Trigonometri Pada Siswa SMP Zainul Hasan Genggong 2022-08-08T08:06:43+07:00 Siti Mukarromah mukarromah769@gmail.com Wahyu Lestari why.lestari@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar matematika dalam materi trigonometri pada siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG.Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dengan instrument test uraian berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan perhitungan tingkat penguasaan dan persentase jenis kesulitan siswa.Subjek dari penelitian ini adalah 9 siswa dimana dikelompokksn menjadi 3 kelompok setiap kelompok terdiri dari 3 0rang yaitu tinggi,sedang dan rendah kelas IX SMP ZAINUL HASAN GENGGONG. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG pada saat menyelesaikan soal trigonometri di sekolah tersebut adalah 1) Kesulitan dalam menggunakan konsep yaitu 80,95 %, 2) Kesulitan kesulitan dalam memahami prinsip yaitu 42,86%, 3) kesulitan dalam memecahkan masalah dalam perhitungan 38,10%. Penyebab dari kesulitan yang dialami siswa SMP ZAINUL HASAN GENGGONG adalah 1) Siswa tidak terbiasa dalam memahami masalah yaitu tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam menyelesaikan soal ,2) Siswa tidak terbiasa menuliskan hasil akhir dari soal yang telah dikerjakan walaupun hasil yang ditemukannya itu benar,4) Kurangnya pemahaman siswa dan pemahaman konsep terhadap materi tersebut.Sehingga perlu pembelajaran lebih mengutamakan konsep dan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/8 Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya 2022-08-07T08:59:33+07:00 Siti Rohmatilla rsiti5025@gmail.com Zainuddin zainuddin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran matematika dan solusi alternatifnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Sunan Ampel Kertosuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua peserta didik dari kelas IX dan dua guru matematika di SMP Islam Sunan Ampel Kertisuko yang mengajar di kelas IX Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran matematika di SMP Islam Sunan Ampel Kertosuko yaitupenguasaan konsep matematika yang tidak baik dan motivasi belajar yang tidak baik. Solusi alternatif dari problematika tersebut adalah scaffolding, pendekatan personal kepada peserta didik, penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik motivasi peserta didik dalam belajar matematika, dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kata kunci: problematika, pembelajaran, matematika, solusi</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/24 Meningkatkan Kemampuan Pronounciation Bahasa Inggris Siswa Kelas Xi SMK Darul Lughah Wal Karomah Menggunakan Teknik Membaca 2022-08-09T02:37:14+07:00 Nur Diyanah Holidah nur.hidayah@gmail.com Beny Hamdani benyhamdani.ielts9.consultation@gmail.com <p>Banyak orang berpikir belajar bahasa adalah hal yang mudah karena mereka menganggap kita sudah menggunakan bahasa setiap hari. Belajar bahasa bukan hanya sekedar mampu berkomunikasi dengan bahasa tersebut, melainkan juga mengetahui dan memahami akan makna yang terkandung di dalam kata atau ungkapan yang diucapkan. Dalam mempelajari bahasa khususnya bahasa Inggris, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam hal pronounciation atau pelafalan. Kesulitan dalam pelafalan biasanya disebabkan oleh sulit mengucapkan kata yang diucapkannya dengan benar, kurangnya keberanian untuk berbicara karena takut salah. Untuk mempermudah kemampuan pelafalan bahasa Inggris (<em>pronunciation</em>), ada beberapa cara yang cukup efektif untuk dicoba, diantaranya: membaca tulisan bahasa Inggris, percakapan bahasa Inggris, mendengarkan lagu &nbsp;bahasa Inggris,&nbsp; menonton film berbahasa Inggris, menyukaimata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa kelas XI SMK DARUL LUGHAH WAL KAROMAH. Upaya yang dilakukan adalah penerapan teknik membaca&nbsp;&nbsp; dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik membaca dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pengucapan dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya ketepatan pelafalan mahasiswa dalam semua aspek bunyi dalam bahasa Inggris, penekanan suku kata dalam kosakata, dan intonasi yaitu rising intonation dan falling intonation dalam kalimat.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/15 Interkoneksi Teori Matematika Terhadap Sudut Pandang Tafsir Al-Qur’an 2022-08-08T07:54:58+07:00 Masruro mruro066@gmail.com Zainuddin zainuddin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep matematika dalam tafsir Al-Qur’an. Al-Qur,an merupakan pedoman bagi umat islam untuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Banyak petunjuk di dalam Al-Qur,an salah satunya interkoneksi (berhubungan) dengan Matematika (perhitungan). Penelitian&nbsp; ini menggunakan metode studi literatur yaitu dengan cara mengumpulkan data sdari sumber-sumber kemudian diverifikasikan dengan Al-Qur,an. Terdapat beberapa konsep Matematika yang tertulis dalam Al-Qur,an; konsep bilangan, himpunan, geometri, dan perbandingan disertai dengan penemu-penemu Islam yang berpengaruh dalam Matematika.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/6 Kontribusi Matematika Dalam Kitab Fathul Qorib 2022-08-07T08:46:16+07:00 Ayu Lestari ayuuyulestari123@gmail.com Muhammad Hifdil Islam muhammad.hifdil@gmail.com <p>Matematika merupakan ilmu tamanni (angan-angan yang tidak masuk akal) dan tarojji (angan-angan yang dapat dijangkau) oleh kehidupan maupun alam semesta itu sendiri, sehingga matematika sangat diperlukan oleh setiap manusia. Sedangkan Ilmu turost adalah kitab kuning yang mempelajari tentang kehidupan yang beraturan dengan islam dimana kitab fathul qorib itu termasuk ilmu turost yang sangat penting untuk di pelajari oleh setiap siswa maupun siswi dan juga santri karena sangat berkaitan dengan ilmu matematika, yang berhubungan dengan angka-angka maupun simbol-simbol matematika yang tidak diketahui. Dan sedangkan Kitab Fathul Qorib itu sendiri adalah ilmu kajian fikih yang dikarang oleh syekh Muhammad Ibnu Qosim Al ghozi pada abad ke 5 H. Kitab ini tentang bab Fikih dimana sangat cocok untuk kurikulum para pemula pelajar fiqih. Secara tidak langsung bab fikih ini memperkenalkan ilmu matematika kepada para pengarang kitab maupun pelajar kitab dimana tidak hanya bab zakat saja melainkan banyak bab yang menjadi sangketa bagi para ilmuan yang menhubungkan matematika dalam kitab fathul qorib.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/22 Penerapan Teknik Perkalian Jarimatika Sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sumber Secang Gading 2022-08-09T02:29:31+07:00 Hamdan Romdoni hamdanromdoni567@gmail.com Eko Waluyo Eko.Waluyo@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode berhitung Jarimatika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Secang Gading. Metode pengungumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Peserta didik terlihat aktif dan senang saat penerapan metode jarimatika. Hasi tes menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki keterampilan berhitung perkalian yang baik. Selain itu, ada tiga&nbsp; kriteria keefektifan metode pembelajaran yang harus dipenuhi. Pertama, ketuntasan belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah melebihi kriteria ketuntasan minimal. Kedua, ada peningkatan dan perbedaan antara pemahaman awal dan setelah pembelajaran. Ketiga, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang kesulitan menghitung perkalian</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/13 Pengaruh Keterampilan Dasar Dan Kesiapan Mengajar Terhadap Hasil Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di SMAI Arrofi’iyah 2022-08-07T09:27:01+07:00 Tuti’il Khoiroh Tutil@gmail.com Fery Ferdianto Feriferdiyanto99@gmail.com <p>Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dengan penelitian ini yaitu siswa kelas IX G Tahfidz SMP Plus Al Mashduqiah yang berjumlah 39 siswa. Sampel penelitian di tentukan menggunakan sampel populatif, artinya semua populasi yang berjumlah 39 siswa dijadikan sampel. Variabel penelitian yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar siswa dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS korelasional product moment. Hasil dari uji validitas angket minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 22 butir soal yang dinyatakan valid dari 25 butir soal yang diujicobakan. Kemudian mendapatkan hasil uji reliabilitas yaitu 0,921, hasil tersebut lebih dari 0,355 yang berarti bahwa kuesioner tersebut reliabel. Hasil output SPSS menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,938. Karena nilainya mendekati 1 maka hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dapat dikatakan kuat. Hasil output menunjukan nilai koefisien bertambah positif (0,938) artinya apabila minat belajar rendah maka hasil belajar siswa rendah begitupun sebaliknya. Nilai signifikansi sebesar 0,00, yang berarti nilai signifikansi kurang dari tingkat alpha (0,00&lt;0,05) maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima yang artinya ada hubungan berarti antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/4 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Penyelesaian Masalah Matematika Kelas X 2022-08-07T02:50:43+07:00 Rohmatul Layliyyah rohmatullayliyyah@gmail.com Fery Ferdianto Feriferdiyanto99@gmail.com <p>Artikel ini menyajikan bagaimana model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>diterapkan untuk mengembangkan penyelesaian masakah matematika di kelas X SMA Ar-Rofi’iyah. <em>Problem Based Learning </em>adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untu memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran. Model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>digunakan untuk merangksang berfikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Adapun langkah-langkah dari model pembelajaran tersebut memiliki 5 tahapan yaitu 1) Tahap orientassi peserta didik pada masalah, 2) Tahap mengoganisai peserta didik dalam belajar, 3) Tahap memembimbing penyelidikan secara individu maupun kelompok, 4) Tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya. 5) Tahap menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Selanjutnya bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam <em>Problem Based Learning </em>dalam materi sistem persamaan linear tiga variabel akan dibahas dalam artikel ini. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdidti dari soal test untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa dalam materi. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi siswa saat memakai metode <em>Problem Based Learning</em></p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/20 Penerapan model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Insan Terpadu Tentang Bentuk Inteaksi Sosial 2022-08-09T02:18:22+07:00 Ghoniyun Inayaturrohman ghoniyunturrohman123@gmail.com Hemas Haryas H.S Hemas_haryas@gmail.com <p>Dalam kehidupan kita sehari-hari sangat membutuhkan interaksi sosial. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep “ bentuk interaksi sosial” dalam materi Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial sebagai upaya penanaman nilai-nilai Pancasila pada peserta didik pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran <em>problem based learning</em> (PBL) pada siswa kelas VII SMP Insan Terpadu. Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP. Maksud dari pembelajaran IPS dalam penelitian ini yaitu IPS dipandang dari segi produk dan pemupukan sikap. IPS sebagai produk artinya dalam pembelajaran menggunakan model PBL ini, siswa dapat memahami materi&nbsp; bentuk interaksi sosial dalam pembelajaran IPS dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah yang relavan dalam bentuk interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, saling mengharga satu sama lain siswa maupun guru. Sedangkan model PBL dalam penelitian ini yaitu pendekatan yang menggunakan masalah yang sering dijumpai sebagai suatu konteks bagi siswa untuk terlibat langsung dalam pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan yang ensensial pada mata pelajaran IPS.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/11 Peran Lagu Dalam Grammar 2022-08-07T09:17:03+07:00 Tri Umi Wardah Triumi@gmail.com Ilzamul Hikam ilzam.alhikam@gmail.com <p>Belajar Bahasa Inggris diawali dengan dasarnya yaitu Grammar, sekolah memerlukan penambahan untuk belajar Bahasa Inggris lebih Inten untuk focus pada Grammar. Karena dengan memahami Grammar, siswa bisa dengan mudah belajar materi lain pada pelajaran Bahasa Inggris.&nbsp; Terdapat banyak cara untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, belajar lewat lagu dapat digunakan dalam proses terseut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Grammar dengan menerapkan model English with Music. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Populasinya adalah siswa SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jailan.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa model English with Music dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap grammar. Dampak dan impak dari penelitian ini adalah siswa bisa belajar kapan saja dan paham akan Grammar. Guru dan Siswa senang dengan semakin pahamnya murid akan Grammar yang memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Inggris. &nbsp;</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/27 Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Bagi Anak Berkebutuhan Khusus 2022-08-09T02:49:25+07:00 Novi Ayu Aulia noviayuyulia@gmail.com <p>Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tujuan menggali perspektif para orang tua terhadap metode pembelajaran daring (dalam jaringan) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) selama masa pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei pertanyaan terbuka melalui google form. Subyek pada penelitian ini adalah 10 orang tua dari ABK yang berada di Kraksaan, Probolinggo. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa orang tua sebagai pendamping anak yang utama selama pembelajaran daring merasa bahwa pembelajaran daring tidak hanya memberikan dampak negatif, namun juga memberikan dampak positif bagi para orang tua dan juga anak mereka. Namun, terdapat beberapa orang tua menyimpulkan bahwa pembelajaran daring tidak cocok untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/2 Pengaruh Implementasi Salat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa 2022-08-07T02:11:05+07:00 Wahyu Hidayatillah ay.wahyu16@gmail.com Raudhatul Islam raudhatulislam@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembiasaan sholat dhuha berjamaah setiap pagi sebelum memulai pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiasaan sholat dhuha berjamaah terhadap kedisiplinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan di SMAS Tunas Luhur dengan pupulasi seluruh sampel sejumlah 254 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat dan didapatkan bahwa data berdistribusi normal dan linear/siginifikan. Dari hasil uji regresi menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang sedang antara pembiasaan salat dhuha berjamaah dengan kedisiplinan siswa meskipun kontribusi yang diberikan masih dalam kategori rendah. Konstribusi tersebut ialah sebesar 22,3% terhadap kedisiplinan siswa dan untuk 77,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/18 Penerapan Refleksi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Mambaul Ulum 2022-08-08T08:42:35+07:00 Fatinatus Selvia fatinatuss@gmail.com Hemas Haryas H.S. Hemas_haryas@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untu mendeskripsikan hasil refleksi pembelajaran matematika siswa kelas X di SMK Mambaul Ulum Paiton. Hal in dilakukan untuk mengetahui lebih detail gambaran pembelajaran matematika yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan karena dari hasil observasi dan diskusi dengan guru matematika, pembelajaran matematika di SMK Mambaul Ulum Paiton dipandang sebelah mata oleh&nbsp; oleh siswa , karena progress ke depan hanyalah bekerja, sehingga eksistensi belajar tidak diperhatikan dan keaktifan siswa perlu diperlukan. Dengan demikian, perlu adanya desain pembelajaran yang lebih menarik dan memberikan perlakuan lebih kepada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas X jurusan Teknik Mekanik Industri (TMI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran <em>discovery learning</em> dan berbantuan media video berbasis power point mampu menimbulkan keaktifan, semangat belajar dalam diri siswa, dan mengasah kemampuan konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dari siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran matematika dengan baik, menyelesaikan soal dengan tuntas, dan mampu mengasah kemampuan konsep matematikanya. Hal ini dapat terjadi karena siswa diikutsertakan (aktif) dalam pembelajaran. Keaktifan siswa meningkat menjadi 80% karena dilibatkan dalam pembelajaran.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/9 Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IX SMP Plus Al Mashduqiah 2022-08-07T09:03:02+07:00 Mohamad Fadil sanspengky@gmail.com Fery Ferdianto Feriferdiyanto99@gmail.com <p>Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dengan penelitian ini yaitu siswa kelas IX G Tahfidz SMP Plus Al Mashduqiah yang berjumlah 39 siswa. Sampel penelitian di tentukan menggunakan sampel populatif, artinya semua populasi yang berjumlah 39 siswa dijadikan sampel. Variabel penelitian yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar siswa dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS korelasional product moment. Hasil dari uji validitas angket minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 22 butir soal yang dinyatakan valid dari 25 butir soal yang diujicobakan. Kemudian mendapatkan hasil uji reliabilitas yaitu 0,921, hasil tersebut lebih dari 0,355 yang berarti bahwa kuesioner tersebut reliabel. Hasil output SPSS menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,938. Karena nilainya mendekati 1 maka hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar dapat dikatakan kuat. Hasil output menunjukan nilai koefisien bertambah positif (0,938) artinya apabila minat belajar rendah maka hasil belajar siswa rendah begitupun sebaliknya. Nilai signifikansi sebesar 0,00, yang berarti nilai signifikansi kurang dari tingkat alpha (0,00&lt;0,05) maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima yang artinya ada hubungan berarti antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang kuat. Sehingga setiap mata pelajaran dalam setiap kegiatan proses kegiatan belajar mengajar perlu ada kajian minat dan motivasi. Berdasarkan kajian hasil penelitian tersebut, maka sebaiknya tes potensi akademik perlu dilakukan untuk mengetahui minat, bakat dan motivasi belajar siswa terhadap materi pelajaran di sekolah.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/25 Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Siswa-Siswi SMK Syekh Abdul Qodir Al Jailani 2022-08-09T02:42:05+07:00 Hilyatun Nisa' hilya646543@gmail.com Ilzamul Hikam Ilzam.alhikam@gmail.com <p>Narkoba (narkotika, psikotropika dan bahan-bahan zat adiktif lainnya) dapat membahayakan kehidupan manusia, jika dikonsumsi&nbsp; dengan cara yang tidak tepat, bahkan dapat menyebabkan kematian. Narkoba mempunyai dampak negatif yang sangat luas; baik secara fisik, psikis, ekonomi, sosial budaya hankam, dan lain sebagainya. Banyak cara digunakan agar pemakai&nbsp; narkoba dapat normal dan pulih kembali seperti biasanya. Sehingga kepada pemakai/pengedar dalam ketentuan hukum pidana nasional diberikan sanksi yang berat. Metode penelitian adalah studi kepustakaan, hasilnya adalah kasus penyalahgunaan narkoba mengalami peningkatan sangat tajam karena belum ada standarisasi sistem pencatatan dan pelaporan penyalahgunaan narkoba.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/16 Metode Dalam Model Pembelajaran Teks Anekdot Kelas X MA Fatahillah 2022-08-08T08:02:19+07:00 Nafisah N14454741@gmail.com Babul Bahrudin babulbahrudin@gmail.com <p>Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran untuk kegiatan nyata dan praktis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran serta dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkembang. Pembelajaran merupakan upaya kegiatan peserta didik agar lebih efektif dan efisien. Pada penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mengkaji metode dalam model pembelajaran teks anekdot. Langkah yang dapat dilakukan dalam penelitian ini diantaranya mengumpulkan data pustaka membaca mencatat dan membandingkan literatur dan menghasilkan kesimpulan. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia teks anekdot, peserta didik diharapkan aktif dalam proses pembelajaran, mampu mengembangkan pengetahuan mereka sendiri dengan bantuan buku, internet, dan di akhir pembelajaran siswa Ma Fatahillah diharapkan mampu memproduksi teks anekdot yang sudah dipelajari hingga langkah melakukan metode dalam model pembelajaran Teks Anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan penilaian yang tepat.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/7 Membentuk Karakter dan Menigkatkan Kedisplinan Peserta Didik Melalui Apel Pagi 2022-08-07T08:51:36+07:00 Sofiyatun Maimunah sofiyatunmaimunah@gmail.com Raudhatul Islam raudhatulislam@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas penataan karakter dan karakter siswa melalui latihan apel rutin setiap hari dan kelayakannya dalam mengenal orang-orang hebat dan orang-orang terhormat pada siswa di SMK Mandiri Kraksaan. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah pemeriksaan subyektif dengan teknik subyektif yang jelas. Informasi dalam review ini diperoleh melalui persepsi dan pertemuan. Subjek dalam review ini adalah siswa dan pengajar di SMK Mandiri Kraksaan. Dari hasil eksplorasi yang diarahkan, diketahui bahwa kegiatan apel pagi rutin setiap hari di SMK Mandiri Kraksaan dapat dimanfaatkan sebagai metode dan cara yang tepat untuk membentuk dan menanamkan kepribadian dan kebiasaan yang baik pada anak-anak seperti disiplin, kewajiban, kasih sayang, dan hal umum. terhadap siswa individu dan menghormati instruktur dan teman.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/23 Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Terhadap Siswa Kelas X SMK Darul Lughah Wal Karomah 2022-08-09T02:33:48+07:00 Ika Astutik Ikaastutik271@gmail.com Beny Hamdani benyhamdani.ielts9.consultation@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dapat&nbsp;&nbsp; meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa. Subjek Penelitian ini adalah&nbsp; siswa kelas 1B SMK Darul Lughah Wal Karomah pada mata pelajaran Matematika Kompetensi Dasar menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linier dua variabel dalam masalah konstektual semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Peneliti an ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat dan dapat dilihat dari skor rata-rata siswa, pada siklus I rata- rata minat belajar siswa sebesar 51,5 dengan kategori rendah dan menjadi kategori sedang pada siklus II dengan skor rata-rata 66,75 serta hasil belajar siswa juga meningkat dapat dilihat dari nilai rata- rata siswa, pada siklus I hasil belajar siswa rata- rata&nbsp; 41,8 menjadi 58,7 pada siklus ke II.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/14 Metode Grammar Translation Untuk Mengembangkan Penerapan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa MA Fatahillah 2022-08-08T07:47:09+07:00 Tutik Dewi Roaida dewiroaida98@gmail.com Babul Bahrudin babulbahrudin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris siswa di sekolah menengah Atas atau Madrasah Aliyah. Materi tata bahasa dalam penelitian ini berfokus pada simple present tense dan simple past tense. Data penelitian diambil dari nilai tes awal dan tes akhir&nbsp; kelas X yang jumlahnya 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan bahasa Inggris siswa yakni dengan cara hafalan kosa kata dan grammar yang rutin dilakukan setiap kali pertemuan mata pelajaran bahasa inggris. Pengimplementasian Grammar Translation Method (GTM) disertai dengan penggunaan strategi pengelompokan siswa, media pembelajaran bahasa Inggris, dan gaya mengajar yang berinovasi dan soal-soal yang sesuai dengan materi pelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa, metode ini bisa menjadi salah satu rekomendasi metode bagi pengajar untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa. Terlepas dari kekurangan GTM, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa lebih menanggapi dan memahami penyampaian materi tata bahasa Inggris di kelas.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/5 Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X MA Fatahillah 2022-08-07T08:38:13+07:00 Moh Hafas Al-Ahdab Villa vhafas@gmail.com <p>Seringnya siswa merasa kesulitan dan kurang berminat pada pelajaran matematika, maka perlu dilakukan uji minat belajar siswa tujuan penelitian ini adalah untuk&nbsp; mengetahui tingkat valid dan reliabelnya suatu kuesioner minat belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development. Kuesioner minat belajar siswa pada matematika dapat diberikan kepada siswa jika sudah diuji validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dengan rumus korelasi <em>product moment</em>. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien <em>Alpha Cronbach</em>. Pengujian keduanya menggunakan SPSS. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 31 siswa kelas X MA Fatahillah. Sehingga kita dari hasil uji validitas didapatkan 22 soal valid dan 3 soal tidak valid, sehingga tidak digunakan. Kemudian mendapatkan hasil uji reliabilitas yaitu 0,921, hasil tersebut lebih dari 0,355 yang berarti bahwa kuesioner tersebut reliabel. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa kuesioner pada penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/21 Penggunaan Media Power Point Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia 2022-08-09T02:26:06+07:00 Ainaiyah Mariyatus Zakiyah ainaiyahzakiyah@gmail.com Beny Hamdani benyhamdani.ielts9.consultation@gmail.com <p>Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa SMK Darul Lughah Wal Karomah terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini digolongkan kepada jenis penelitian kualitatif karena dalam penelitian ini berusaha menelaah fenomena sosial dalam suasana yang berlangsung secara wajar dan alamiah. Penelitian ini dilaksanakan pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan mengambil sampel di kelas X B SMK Darul Lughah Wal Karomah. Dalam penggalian data teknik yang digunakan oleh peneliti adalah dengan cara mengobservasi proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Setelahnya, dapat dianalisis adanya dampak yang positif yakni meningkatnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran&nbsp; bahasa Indonesia ketika menggunakan media power point, dibandingkan dengan penerapan sistem pembelajaran menggunakan metode ceramah.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/12 Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Media Komik Berbahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI di SMK Mambaul Ulum 2022-08-07T09:22:12+07:00 Laili Masruroh masruroh210900@gmail.com Hemas Haryas H.S. Hemas_haryas@gmail.com <p>Mengingat pentingnya peranan membaca bagi perkembangan ilmu pengetahuan, maka perlu ada upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Memanfaatkan keberadaan komik berbahasa inggris sebagai media yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi siswa melalui sifatnya yang membuat pembacanya merasa senang. Ketertarikan siswa pada gambar bercerita memberikan penekanan yang berarti tentang perlunya penggunaan media komik bagi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemammpuan membaca pemahaman bahasa inggris siswa kelas XI di SMK MAMBAUL ULUM melalui media komik berbahasa inggris. Penelitian inin merupakan penelitian tindakan kelas yang mencangkup kegiatan perancanaan (<em>planning</em>), tindalkan (<em>action)</em>, observasi <em>(observation)</em> , refleksi <em>(reflection)</em> atau evaluasi. Penelitian dilaksanakn di SMK MAMBAUL ULUM tahuan pelajaeran 2021-2022 semester ganjil yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan pembelajaran menggunakan media komik berbahasa inggris, nilai rata-rata membaca siswa pemahaman siswa 57% dengan katagori sedang. Setelah dilakukan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan komik berbahasa inggris siklus pertama nilai rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 69% masih dalam katagori sedang, dan dilakukan pembelajaran pada siklus kedua kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dan presentase sebesar 81% dengan katagori sangat tinggi.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/28 Eksplorasi Etnomatematika Dalam Transaksi Jual Beli Pasar Tradisional Maron Kabupaten Probolinggo 2022-08-09T02:55:18+07:00 Nur Mauliska Nurmauliska4@gmail.com Loviga Denny Pratama Loviga.pratama@gmail.com <p>Metode penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik penumpulan data adalah wawancara dan pengamatan langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi etnomatematika pada transaksi jual-beli pasar tradisional Maron. Pedoman wawancara digunakan sebagai garis besar pertanyaan yang ditanyakan kepada pedagang pasar tradisional Maron. Analisis data dikelompokkan dan direduksi sesuai dengan kajian masalah dan tujuan penelitian, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni model matematika yang digunakan masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam melakukan transaksi jual beli pada pasar tradisional Maron adalah menggunakan model aritmetika. Pada aktivitas ini terdapat temuan beberapa konsep berhitung yang digunakan, namun memiliki perbedaan yang sangat besar dengan yang diajarkan di sekolah baik itu operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/3 Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika 2022-08-07T02:46:43+07:00 Izze Afkarina Izzeafkarina613@gmail.com Raudhatul Islam raudhatulislam@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi peserta didik dalam pembelajaran Matematika di SMK Mandiri Kraksaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang berbentuk Kuesioner sebanyak 25 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rata-rata sebesar 49,925% termasuk dalam kategori cukup, berdasarkan adanya hasrat dan keinginan dalam belajar sebesar 56,8% termasuk dalam kategori tinggi, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar sebesar 49% termasuk dalam kategori cukup, adanya kegiatan menarik dalam belajar sebesar 46,88% termasuk dalam kategori cukup, tingkat perhatian peserta didik terhadap pelajaran sebesar 41% termasuk dalam kategori cukup, dan tingkat keyakinan peserta didik terhadap kemampuannya dalam pembelajaran sebesar 54% termasuk dalam kategori tinggi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMK sudah masuk kategori cukup namun tetap perlu adanya dorongan, perhatian, dan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran Matematika.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES https://proceeding.unzah.ac.id/index.php/cones/article/view/19 Kepraktisan Pembelajaran Matematika Dengan Media Power Point Interaktif 2022-08-09T01:49:00+07:00 Farida Hasanah farida.hasanah@gmail.com Eka Rahayu eka.rahayu@gmail.com <p>Penelitian kali ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang (kubus &amp; balok) melalui power point interaktif terhadap siswa kelas IX SMP, dan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran matematika bangun ruang melalui power point interaktif. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini adalah video pembelajaran matematika pada materi bangun ruang (kubus&amp;balok) kelas IX. Subjek uji coba adalah siswa kelas IX SMP Darul Lughah Wal Karomah dengan 10 siswa.</p> 2022-08-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 CONES