INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DIGITAL

Authors

  • Shobirin Shobirin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Moderasi Beragama, Bahasa Arab, Maharah Kalam, Media Digital, YouTube

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis moderasi beragama dalam keterampilan berbicara (maharah kalamمهارة الكلام/) bahasa Arab melalui platform digital, khususnya YouTube. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan bahan ajar inovatif yang tidak hanya meningkatkan kompetensi berbicara, tetapi juga menginternalisasi nilai moderasi beragama. YouTube dipilih sebagai medium yang mendukung pembelajaran fleksibel dan dapat menjangkau lebih banyak audiens. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan bahan ajar, pengembangan video interaktif, implementasi dalam pembelajaran, dan evaluasi efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa, dengan peningkatan rata-rata skor sebesar 21,4% dari pre-test ke post-test. Selain itu, 87% mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran berbasis video lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Dari aspek moderasi beragama, 90% responden mengakui bahwa bahan ajar ini membantu mereka memahami konsep keseimbangan dan toleransi dalam Islam. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Arab (maharah kalamمهارة الكلام/) melalui media digital merupakan pendekatan inovatif yang efektif. YouTube sebagai sarana pembelajaran meningkatkan aksesibilitas, keterlibatan mahasiswa, serta memperkaya pengalaman belajar mereka. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan bahan ajar berbasis digital dalam keterampilan bahasa Arab lainnya agar semakin luas implementasinya.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, A., & Hakim, R. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Islam.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Pearson.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Fadhilah, N., & Amran, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif Berbasis Digital. Yogyakarta: Pustaka Bahasa.

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. London: SAGE Publications.

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development Models. Syracuse, NY: ERIC Clearinghouse.

Hamzah, H., & Yusuf, A. (2020). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Literasi Nusantara.

Hasan, I., & Anwar, R. (2022). Video Interaktif dalam Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: EduTech Press.

Hasan, I., & Anwar, R. (2022). Video Interaktif dalam Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: EduTech Press.

Huda, N., & Fauzan, T. (2020). Globalisasi dan Pendidikan Bahasa Arab. Malang: UIN Press.

Junaidi, A., & Karim, Z. (2023). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jakarta: Pustaka Moderasi.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Mustofa, I. (2019). Media Sosial dan Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Pustaka Ilmu.

Rahman, L., et al. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Kontemporer. Yogyakarta: Gema Publikasi.

Setiawan, R., & Putra, D. (2021). YouTube sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Bandung: Digital Learning Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-04-27