PENDAMPINGAN LINGKUNGAN YANG AMAN INKLUSIF DAN KEBHINEKAAN MENUJU SEKOLAH SEHAT ANTI PERUNDUNGAN
Keywords:
lingkungan aman, inklusif, kebhinekaan, sekolah sehat, anti perundunganAbstract
Isu perundungan masih menjadi salah satu masalah serius di dunia pendidikan yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis, sosial, dan akademis siswa. Pendampingan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan menghargai kebhinekaan dalam rangka mendukung terciptanya sekolah sehat yang bebas dari perilaku perundungan di MI An-Nur Mengok. Melalui pendekatan partisipatif, pendampingan ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung terbentuknya lingkungan inklusif yang dapat menekan praktik perundungan, termasuk peran guru, kebijakan sekolah, keterlibatan orang tua, dan pendidikan karakter siswa. Pendampingan ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Sosialisasi yang melibatkan 80 siswa dan guru, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait perundungan dan mendorong terciptanya lingkungan yang menghargai perbedaan. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai perundungan serta tindakan preventif yang lebih efektif dari guru. Selain itu, nilai-nilai kebhinekaan dan inklusivitas juga diperkuat, menciptakan suasana sekolah yang lebih harmonis dan mendukung perkembangan siswa. Pembentukan tim anti-perundungan yang melibatkan siswa dan guru berhasil mengurangi kasus perundungan secara drastis, dan kolaborasi antara sekolah, siswa, guru, dan orang tua semakin solid dalam menjaga lingkungan sekolah yang aman. Pendampingan ini memberikan dampak positif dalam jangka panjang, membentuk dasar yang kuat bagi keberlanjutan program anti-perundungan serta penguatan nilai-nilai kebhinekaan di MI An Nur Mengok.
References
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975
Amal, A., & Hidayat, F. (2025). Edukasi dan Kesadaran untuk Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Inklusif di SD Inpres Bontoala I Desa Taeng Kecamatan Pallangga. 5, 113–125.
Anisah, A. S., Nazib, F. M., Mutiara, C., Putri, S., Nurfadilah, S. S., & Nawawi, R. (2024). Jurnal Pendidikan Agama Islam Perundungan Dunia Maya (cyberbullying) dan Cara Mengatasi Perspektif Islam. 201–212.
Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. Motoric, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739
Emilda, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekerasan Pada Anak Di Paud Anak Musi Palembang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 8(16), 97–108.
Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024). Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 28–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp28-42
Jurnal Studi Keislaman dan Pendidikan, A.-H., Putra, A., Sholihin, M., Sandi, Q., & YPI Lahat, S. (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Stitypilahat, 10(2), 17.
Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085
Lestari, M. (2017). Hak Anak Untuk Mendapatkan Perlindungan Berdasarkan Peraturan Perundang - Undangan. Uir Law Review, 1(02), 183.
Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252
Nadia, Robiyatun, R. R. A. (2024). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perundungan Pada. Karimah Tauhid, 3, 279–295.
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i2.3706
Prasetio, A., & Fanreza, R. (2023). Strategi Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Bullying Di Ismaeliyah School. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14761
Putri Wijayanti, C., & Tipa Uswatun, A. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 16–26.
Rizqi, S. A., Salsabila, S., Hafiansyah, M. B., & Rosyidi, M. (2024). Strategi Islam dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.734
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 1112–1119. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2247